Seringkali masalah boros dan irit jadi pertimbangan bagi pemilik motor.
Ini sedikit pengetahuan tentang karburator yang mengatur aliran bahan bakar (bensin) dari motor.
Karburator bertugas mengatur campurang bensin yang masuk ke ruang bakar supaya kadar uap bensin dgn udara komposisinya sesuai. Dalam karburator standart ada 2 saluran yang berperan untuk pencampuran ini yaitu Main Jet dan Pilot Jet.
Ketika gas ditarik, jarum skep akan terangkat sehingga hubungan dengan ruang bakar terbuka.
Bensin di kolam bensin akan terhisap lewat lubang kecil Main jet menuju ruang bakar dalam bentuk uap bensin. Saat itu juga, pilot jet akan mengalirkan CAMPURAN uap bensin dan UDARA, sehingga terjadi pembakaran.
Saat kita menyetel setelan angin, sebetulnya kita menyetel aliran udara yang akan dilewatkan oleh pilot jet.
Jarum skep sendiri mempunyai tingkat penyetelan di dalam tabung skep yang dapat digunakan untuk mengatur kadar aliran uap bensin dari main&pilot jet ke arah ruang bakar.
Ilustrasinya kira2 seperti ini:
Ruang Bakar
^
Skep
^
Main Jet & Pilot Jet
^
Bensin di kolam bensin
Nah, sekarang kadar bensin yang sesuai itu gimana sih?
Biasanya dilihat dari warna elektroda busi
HITAM = BOROS/ kelebihan bensin
COKLAT/MERAH BATA = pas/ pembakaran sempurna
PUTIH = Kurang bensin
Apakah kalo bensin irit itu bagus? Nggak juga karena akan menimbulkan efek mesin terlalu panas karena kurang bensin
Apakah bensin diborosin itu pasti kenceng?? Nggak juga karena bensin yang berlebih malah menyebabkan pembakaran tidak sempurna. Bahkan sebagian akan terbakar di knalpot. Itu alasannya kadang ada knalpot yang suaranya meledak ledak.
Moga2 sedikit info ini bisa membantu temen2 yang mau coba2 ngeset sendiri karburatornya
Kamis, 01 April 2010
SEKILAS TENTANG MAIN JET & PILOT JET
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar